Salatiga – Festival Ekonomi Syariah (FES) merupakan acara utama Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah (HMPS) IAIN SALATIGA yang bertema “Transformasi dan inovasi generasi muda untuk mewujudkan pengembangan SDM Ekonomi Syariah Menuju golden Age” dilaksanakan tanggal 2-3 Oktober 2021.

Acara FES terdiri dari 3 rangkain acara yaitu lomba Esai Nasional, SEPC (Sharia Economy Photo Competition) dan Seminar Nasional. Lomba Esai Nasional terdiri dari 16 perserta, SEPC (Sharia Economy Photo Competition) 21 perserta dan Seminar Nasional 332 perserta.

Lomba Esai Nasional yang mendapatkan pengahargaa yaitu juara I Nailis Safaah (IAIN Salatiga), Juara II Muhammad Izzul Haq (IAIN Salatiga), Juara III Adinda Dwi Putri Rahmawati (UNDIP),  Harapan I Muhammad Yogi Alfito valentino (UNNES) dan Harapan II Iwan Fadli Pasaribu dan Muhammad Tobi Muktitama (UNDIP). Sedangkan Lomba SEPC yang mendapatkan penghargaan yaitu Juara I Heri sudarmadi (IAIN Salatiga), Juara II Atsil Syah Gibran (Politeknis Imigasi), Juara III Sufyan Sauri (Universitas Tidar) dan Juara Harapan (Nuruddin Abdul Latif IAIN SALATIGA).

Visi Indonesia emas tahun 2045 yang disampaikan Presiden Jokowi membutuhkan peran generasi muda bahkan generasi muda adalah kunci untuk mewujudkan hal tersebut. Bonus demografi Indonesia terjadi lebih cepat di mana berdasarkan sensus 2020 penduduk usia produktif kita sudah mencapai 70,72 persen, jadi kalau generasi mudanya loyo maka itu menjadi beban negara, tapi kalau generasi mudanya bangkit maka transformasi Indonesia menjadi negara maju akan bisa terwujud. Transformasi dapat berkembang dengan cepat dan baik apabila adanya sinergi yang baik serta inovasi diperlukan guna mendukung hal tersebut.

Untuk itu, mulai dari sekarang perlu disiapkan generasi muda yang siap berdaya saing, unggul yang akan menjadi penyukses dalam mewujudkan Indonesia emas tahun 2045. Pada tahun tersebut generasi muda yang kali ini masih duduk di bangku sekolah akan menjadi garda terdepan sebagai pengambil keputusan atau pelaksana di berbagai bidang. Oleh karena itu generasi muda harus menaikkan nilai sumber daya manusianya sehingga dapat menghasilkan kader terbaik bangsa untuk mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur.

Jadi teman-teman, pada Seminar Nasional kemaren membedah bersama-sama mengenai “Transformasi dan inovasi generasi muda untuk mewujudkan pengembangan SDM ekonomi syariah menuju Golden age”.

Kesimpulan dari penyampain materi oleh bapak Mohammad Soleh, S.E.I., M.E. (Dosen FEBI IAIN Salatiga) dan Ibu Zhakiah Joban, S.E. (Kepala Dep. Ekonomi Kreatif PW MES Jateng) saat Seminar Nasional yaitu Generasi milenial sangat bergantung pada media sosial, namun mereka belum memiliki filter yang kuat untuk dapat menyaring informasi yang diterima serta etika sangat berperan penting guna menghindari terjadinya konflik saat bersosialisasi. Oleh karena itu generasi milenial perlu mempersiapkan diri dengan memperbaiki karakternya. Kemudian transformasi bukan lagi sebuah pilihan melainkan sebuah keharusan. Hal ini berlaku untuk semua sektor industri jika tidak melakukan transformasi maka akan stagnan tertinggal dari kemajuan. Serta inovasi adalah menciptakan sesuatu yang belum pernah ada atau diawali dari mindset atau pola pikir yang tepat. Generasi muda tidak perlu memperbanyak ilmu, melainkan perubahan yang tepat dan jelas.

Alhamdulillah acara Festifal Ekonomi Syariah (FES) telah berjalan dengan lancar, kami meminta doa agar kedepanya Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah (HMPS) menjadi lebih baik dan sukses selalu. Aamiin.

Festival Ekonomi Syariah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *